Diberdayakan oleh Blogger.

TIPS MENJAGA KETAHANAN TUBUH

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh Andaagar terhindar dari penyakit, apalagi saat pergantian musim.

1. Istirahat dan tidur yang cukup
Tidur malam yang ideal bagi orang dewasa adalah 8 jam sehari, kurangi bergadang pada malam hari.  Sistem imun/ketahanan tubuh karena saat Anda tidur, tubuh akan beristirahat dan membiarkan sistem imun bekerja dengan lebih efektif.

2. Olahraga teratur
Olahraga secara teratur akan memperkuat sistem imun tubuh Anda, misalnya jalan sehat, jogging atau bersepeda.


3.  Makan teratur 
Makanlah tiga kali sehari dengan porsi cukup agar sistem imun tetap kuat. Anda pun harus memperhatikan gizi makanan yang Anda makan. Pastikan Anda mencukupi kebutuhan vitamin, karena vitamin dapat memperkuat sistem imun Anda. Jika perlu Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin tertentu.

4. Rajin cuci tangan
Mikroorganisme penyebab penyakit ada di mana pun, sehingga Anda perlu mencuci tangan Anda lebih sering untuk menghindari perpindahan mikroorganisme berbahaya dari lingkungan ke dalam tubuh Anda. Cuci tangan pun secara benar, yaitu dengan menggosok seluruh permukaan tangan, jari, dan kuku Anda menggunakan sabun dengan waktu minimal 20 detik.

4. Vitamin tambahan 
Vitamin tambahan tidak berarti menambah nafsu makan. Vitamin hanya memperlancar mesin tubuh agar optimal memanfaatkan zat makanan yang diterimanya. Namun bagi orang yang terganggu selera makannya, selain butuh vitamin, perlu juga obat perangsang nafsu makan. Tanpa bantuan ini asupan porsi makannya tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari, alih-alih untuk bisa menjadikannya bertambah gemuk.

5. Kurangi kegiatan fisik yang tidak perlu
 
Perlu membatasi kegiatan fisik berarti tubuh akan membakar lebih banyak kalori yang sebetulnya dapat disimpan menjadi lemak. Kalau tidak perlu mondar-mandir di dalam ruangan kantor atau di dalam rumah, ya, tidak usah dilakukan saja. Tatalah sedemikian rupa agar pemakaian kalori tubuh menjadi seefisien mungkin.
6. Hindari Stress
 
Terlalu banyak beban masalah baik pkerjaan, teman, keluarga maupun yang lainnya akan menguras otak dan pikiran Anda, berusahalah untuk bisa mengelola emosi Anda.
 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori KESEHATAN / TIPS dengan judul TIPS MENJAGA KETAHANAN TUBUH. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://cara-koe.blogspot.com/2013/01/tips-menjaga-ketahanan-tubuh.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: EKONOMI Holic -

1 Komentar untuk "TIPS MENJAGA KETAHANAN TUBUH"

  1. berbagai macam penyakit yang timbul pada saat pergantian musim dan cara pencegahanya
    anda berminat membacanya, kunjungi blog kami di :

    http://kesehatanhidupanda.blogspot.com/2013/11/cara-menjaga-kesehatan-saat-pergantian.html

    BalasHapus